Dinas Kesehatan Kapuas Lakukan Audit Internal 10 Puskesmas Menuju Akreditasi

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Juli 2019 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas menggelar pertemuan manajemen audit internal dan tinjauan manajemen, serta teknis keselamatan pasien terhadap 10 puskesmas yang diakreditasi tahun ini.

Adapun puskesmas yang diakreditasi pada tahun ini adalah Puskesmas Pulau Kupang, Panamas, Telekung Punei, Palangkau, Danau Rawah, Timpah, Pujon, Jangkang, Sei Hanyo dan Puskesmas Sei Pinang.

Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Apendi mengatakan audit internal merupakan salah satu mekanisme untuk menilai kinerja puskesmas secara periodik. Audit dilakukan oleh tim audit internal yang dibentuk oleh kepala puskesmas berdasarkan standar, kriteria,maupun target yang sudah ditetapkan.

"Audit internal puskesmas adalah salah satu cara yang dapat ditempuh untuk menjamin bahwa penyelenggaraan pelayanan kesehatan di puskesmas berjalan dengan baik, memenuhi kualitas dan mutu yang berstandar," ucap Apendi kepada wartawan, Jumat, 26 Juli 2019.

"Oleh karena itu puskesmas dituntut untuk mampu memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu bagi masyarakat," lanjutnya.

Lebih lanjut, dia menambahkan, hasil audit internal harus segera ditindaklanjuti oleh unit pelayanan yang diaudit. Hasil audit internal ini sebagai dasar untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan pelayanan.

"Harapan saya kepada 10 puskesmas yang akan diakreditasi agar setelah mengikuti pertemuan manajemen audit internal dan tinjauan manajemen puskesmasnya mampu melaksanakan audit internal dan rapat tinjauan manajemen sebagai persiapan menuju penilaian dan capaian akreditasi," harapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru