Ini Langkah Mengatasi Krisis Air Bersih di Puruk Cahu

  • Oleh Syahriansyah
  • 26 Juli 2019 - 19:16 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu – Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM Puruk Cahu usulkan kepada Pemkab Murung Raya untuk menjalankan kembali DAM Dirung Undai yang dinilai bisa berfungsi dengan baik pada saat musim kemarau ini.

Direkrur PDAM Puruk Cahu,Esliter mengatakan kapasitas air Dirung Undai dinilai memadai pada musim kemarau, sehingga apabila Dirung Undai diaktifkan maka akan mampu menyalurkan air ke Water Treatment Plant (WTP) 60 liter perdetik.

“Kita sudah melakukan survei kelokasi Dirung Undai ternyata kita mendapat solusi yang cukup baik untuk sementara  selama musim kemarau berlansung ketimbang sistem pompanisasi yang kami lakukan di DAM Dirung Karengkang,” ujarnya, Jum’at,26 Juli 2019.

Untuk kendala saat ini dalam menjalankan rencana tersebut, Esliter menyampaikan bahwa pihaknya membutuhkan kabel standarisasi PLN yang dulu pernah dimiliki oleh PDAM Puruk Cahu dan dicuri oleh oknum dilokasi Dirung Undai sebelum dirinya menjabat sebagai Direktur PDAM Puruk Cahu.

Oleh karena itu, PDAM Puruk Cahu mengharapkan agar dinas terkait dapat menganggarkan pengadaan kabel tersebut beserta beberapa alat lainnya dalam mendukung rencana pengaktifan Dirung Undai.

“Tinggal kita menunggu anggaran yang diberikan oleh dinas terkait, semua kebutuhan sudah kita ajukan sesuai dengan apa yang menjadi prioritas terlebih dahulu,”lanjut Esliter. (RIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru