DPRD Kapuas Minta SOPD Maksimalkan Serapan Anggaran

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Juli 2019 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pembahasan Raperda APBD Perubahan tahun 2019 Kabupaten Kapuas telah dimulai lebih awal, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Kini tahapannya telah sampai Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kapuas terhadap Raperda APBD Perubahan tahun 2019, sehingga tidak lama lagi diperkirakan akan disahkan.

Terkait itu, Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Algrin Gasan meminta Pemkab Kapuas melalui Satuan Organisasi Perangkat Daerah atau SOPD dapat segera merealisasikan dan memaksimalkan penyerapan pada APBD 2019.

"Karena pembahasan APBD Perubahan 2019 ini waktu pengajuan sudah sesuai jadwal, bahkan lebih awal, sehingga nanti pelaksanaan kegiatan pemda waktunya banyak. Sehingga harus dimaksimalkan oleh Pemerintah daerah," ucap Algrin Gasan kepada wartawan, Jumat, 26 Juli 2019.

"Pembahasan APBD Perubahan 2019 ini termasuk paling cepat diajukan, biasanya pada bulan September," lanjutnya.

Untuk itulah, Politisi dari Partai Golkar ini mengharapkan Pemda dan instansi dapat melaksanakan kegiatan dengan waktu yang banyak secara maksimal dalam penyerapan anggaran maupun realisasi kegiatan bisa lebih maksimal.

"Karena kita lihat sampai triwulan kedua ini penyerapan anggaran dan realisasi fisik itu masih rendah," katanya.

"Kita berharap bisa menjawab keterlambatan realisasi anggaran dan kegiatan yang terlambat selama ini," tuturnya.

Selain itu, rencananya besok akan dilaksanakan Rapat Paripurna membahas jawaban eksekutif atas Pemandangan Umum fraksi-fraksi pendukung DPRD Kapuas terkait APBD Perubahan 2019. "Sehingga kemungkinan tidak lama lagi akan disahkan," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru