Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Anggarkan Rp 700 Juta untuk Petani Gagal Panen

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 26 Juli 2019 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemkab Barito Timur menyediakan anggaran Rp 700 juta bagi para petani yang mengalami gagal panen pada musim kemarau tahun ini.

"Anggaran sudah kita , bagi petani yang gagal panen akan mendapat klaim asuransi atau ganti rugi Rp 6 juta rupian per hektare," kata Kepala Dinas Pertanian Riza Rahmadi, Jumat, 26 Juli 2019..

"Sampai saat ini kita sudah melakukan klaim asuransi lahan pertanian 10 hektare yaitu Rp 60 juta, itu sudah diterima para petani," imbuh dia.

Menurut Riza, klaim asuransi tersebut akan didapat apabila para petani mendaptarkan kepada pemerintah atau langsung ke dinas pertanian bisa juga melewati para penyulug pertanian yang sudah dibentuk.

"Diharapkam para petani mendaftarkan agar bisa melakukan klaim asuransi apabila terjadi gagal panen pada musim April -September, karena saat ini kita ketahui musim kemarau rawan akan terjadi gagal panen," katanya.

Untuk itu Riza juga menghimbau kepada para petani untuk bisa menanam tanaman hortikultura atau tanaman yang tak membutuhkan air banyak sehingga dapat mengganti keuntungan apabila tanaman padi mengalami kekeringan dan gagal panen.

"Kita ketahui tanaman padi sangatlah membutuhkan air yang banyak, musim kemarau panjang ini akan berdampak buruk bagi petani, sehingga kita sarankan juga untuk menanam tumbuhan yang tak memerlukan air banyak," pungkasnya. (EKO/B-5)

Berita Terbaru