Disporapar Sukamara akan Inventaris Olahraga Tradisional

  • Oleh Norhasanah
  • 26 Juli 2019 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sukamara akan inventaris olahraga-olahraga tradisional yang nantinya akan dimasukkan dalam kegiatan rekreasi olahraga di tahun yang akan datang.

"Kita juga nantinya sambil mengiventarisir kalau ada olahraga-olahraga tradisional yang belum muncul, akan kita masukkan juga," kata Kepala Disporapar Sukamara, Ahmad Zunani, Jumat, 26 Juli 2019.

Menurut Zunani, pihaknya akan terus menghidupkan budaya-budaya yang ada di Bumi Gawi Barinjam sehingga dengan dimasukkannya dalam agenda tahunan olahraga tradisonal tersebut yang awalnya tenggelam bisa kembali dikenal dan dimainkan masyarakat.

"Untuk ke depannya, mungkin akan kita tingkatkan lagi terutama untuk cabang-cabangnya lah, terutama untuk balap perahu tengkung itu sepertinya agak berat, mungkin apakah nanti akan kita ganti dengan ban atau apa," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sukamara, H Ahmadi mengatakan, masih banyak budaya olahraga di Bumi Gawi Barinjam yang perlu dilestarikan.
"Masih perlu yang banyak dilestarikan, budaya-budaya olahraga yang membuat masyarakat senang, dari anak kecil sampai dengan orang-orang tua, betapa mereka senang mengingat masa lalu budaya-budaya kita," ujar H Ahmadi.

Ahmadi bangga dengan kegiatan Olahraga Rekreasi yang digelar Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Sukamara ke 17 tahun.

"Kami atas pemerintah daerah merasa bangga, dan apresiasi sekali dengan kegiatan-kegiatan ini, setiap tahun akan terus kita tingkatkan, dengan olahraga dan budaya yang lainnya, serta tidak meninggalkan yang sudah ada saat ini," tutur Ahmadi. (NOHASANAH/B-2)

Berita Terbaru