Masyarakat Diminta Perhatikan Kesehatan Hewan Kurban Sebelum Membeli

  • Oleh Testi Priscilla
  • 27 Juli 2019 - 12:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Kepala Seksi Kesehatan Hewan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya Eko Hari Yuwono, mengingatkan masyarakat agar memperhatikan kesehatan hewan kurban yang akan dibeli. Baik sapi ataupun kambing.

"Kita akan cek kesehatan hewan di kalangan peternak dan pedagang hari Senin nanti. Tetapi kita juga meminta agar masyarakat dapat teliti sebelum membeli hewan ternak sapi atau kambing untuk kurban," kata Eko kepada Borneonews, Sabtu, 27 Juli 2019.

Yang harus diperhatikan warga saat membeli hewan kurban di antaranya fisik hewan harus sehat dan bukan anakan. Hewan ternak anakan atau dewasa dapat dilihat dari giginya Jika giginya sudah berganti berarti telah dewasa.

"Selain itu hewan kurban seperti sapi atau kambing yang dibeli harus dipastikan tidak memiliki luka dan tidak cacat. Jangan sungkan bertanya kepada penjual untuk memastikan hewan yang akan dibeli memang layak untuk kurban. Bila perlu minta didampingi orang yang berpengalaman saat akan mencari hewan kurban," sarannya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Sugianor meminta pemerintah kota melalui instansi terkaitnya, segera melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban.

"Kita minta DKPP segera melakukan pengecekan, pemeriksaan serta peningkatan pengawasan terhadap kesehatan hewan kurban menjelang Idul Adha ini," kata Sugianor. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru