Sekjen Kemendikbud Berpesan SDM Harus Disiapkan Hadapi Pemindahan Ibu Kota Negara

  • Oleh Budi Yulianto
  • 27 Juli 2019 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Didik Suhardi berpesan agar sumber daya manusia atau SDM di Kalteng harus benar-benar disiapkan. 

Saran tersebut sebagai upaya kesiapan menghadapi pemindahan ibu kota negara. Apalagi, Kalteng merupakan kandidat kuat bila dibanding dengan provinsi lain.

"Tentu ini jadi tantangan sendiri bagi masyarakat Kalteng. Oleh sebab itu, Kalteng harus bisa mengambil pelajaran dari yang lain agar tidak terpinggirkan," pesannya saat membuka kegiatan Ekspose Sekolah Model SPMI, di Kota Palangka Rya, Sabtu, 27 Juli 2019.

"Banyak sudah contohnya. Nah bagaimana caranya supaya tidak terpinggirkan? Caranya adalah memperbaiki kualitas SDM," ucap Didik Suhardi mengingatkan.

Salah satu dari cara memperbaiki kualitas SDM yakni dengan meningkatkan pendidikan agar lebih bagus termasuk dari sisi kesehatannya. 

"Secara umum kesimpulannya adalah Kalteng perlu mempersiapkan diri secara lebih baik agar kalau jadi ibu kota negara, SDM Kalteng sudah betul-betul siap untuk menjadi tuan rumah dan tuan bagi dirinya sendiri,"

"Tentunya harus komitmen dengan pendidikan. Mengangkat kepala sekolah yang baik karena kepala sekolah salah satu kunci dari keberhasilan sekolah termasuk guru yang berkualitas," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru