Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tak Punya Alat Lain, Raba Kualitas Udara Hanya dengan Perasaan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 27 Juli 2019 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - UPT Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya menginformasikan pihaknya tidak memiliki sumber peralatan lain yang untuk memantau kualitas udara. Alat yang ada saat ini memang mengalami kerusakan.

"Jika memang memaksa untuk mengetahui kualitas udara, ya pakai perasaan aja. Karena data harus pakai alat, dan alatnya rusak," kata Kepala UPT Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, Bowo Budiarso, Sabtu, 27 Juli 2019.

Dia menegaskan, surat pemberitahuan terkait kerusakan alat pantau ISPU sudah mendapat balasan dari Kementerian Lingkungan Hidup, namun sampai saat ini masih belum ada aksi nyata.

"Masalahnya mereka (kementrian) ke sini, kita tidak ngerti. Tapi surat itu sudah dijawab dan akan melakukan perbaikan alat itu. Kemarin katanya tanggal 18 - 24 Juli. Cuma kita belum tahu pastinya," ucap Bowo.

Kerusakan alat ini mendapatkan respon negatif dari masyarakat. Seperti yang diungkapkan Andi, kawasan RTA Milono, yang berharap peralatan tersebut segera diperbaiki.

"Pemantauan kondisi udara cukup penting. Apalagi ini musim kemarau dan banyak kebakaran, saat pagi seperti ini kabutnya lumayan. Harusnya sih segera dilakukan perbaikan," kata Andi. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru