Ini Cara Pemkab Sukamara Pilih Warga Lokal untuk Lokasi Transmigrasi SP1 Pulau Nibung

  • Oleh Norhasanah
  • 27 Juli 2019 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara, Windu Subagio mengatakan, masyarakat lokal yang akan ditempatkan di lahan transmigrasi SP1 Desa Pulau Nibung akan dipilih secara global.

"Memang rencananya yang kita tempatkan itu sebagiannya masyarakat lokal. Kita akan mengambil bagian 40 persen," kata Windu Subagio, Sabtu, 27 Juli 2019.

Dia menjelaskan, 40 persen itu penduduk Sukamara secara globar. Alias tidak hanya untuk satu daerah saja. Pemkab akan memilih warga yang pantas untuk ditempatkan di sana.

Windu melanjutkan, untuk penempatan warga transmigrasi, pemerintah daerah menargetkan sebanyak 90 Kartu Keluarga (KK) degan luas lahan 252 hektare. Saat ini pemkab melakukan kajian sebelum program tersebut terelisasi.

Bupati Sukamara melanjutkan, dari jumlah target tersebut, warga yang ditempatkan di kawasan transmigrasi akan dibagi dengan penduduk lokal. Sehingga sepenuhnya tidak diisi masyarakat pendatang.

Windu Subagio menerangkan, program penyelenggaraan transmigrasi yang dilakukan pemerintah juga merupakan salah satu upaya untuk membangun daerah tertinggal. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru