Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Minta Guru Disupervisi Secara Berkala

  • Oleh Testi Priscilla
  • 27 Juli 2019 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, Slamet Winaryo mengharapkan guru di SMAN 5 Palangka Raya bisa disupervisi secara berkala. Hal ini pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran atau MGMP SMAN 5 Palangka Raya.

"Sekarang jumlah siswa di SMAN 5 Palangka Raya ini begitu besar, mestinya kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan harus bisa berupaya agar kegiatan pendidikan tetap bisa berlangsung secara berkualitas," kata Slamet.

Berkaitan dengan itu, untuk meningkatkan kualitas pendidik, dia menyarankan agar guru selalu disupervisi secara berkala.

"Tanpa pernah dilakukan supervisi akan menyebabkan kurang terkontrolnya kualitas pembelajaran. Karena kelemahan guru di Kalteng ini adalah kurangnya dilakukan supervis pembelajaran," bebernya.

Memang kalau hanya berharap kepala sekolah dan pengawas yang melakukan supervisi, Slamet berpendapat tujuan ini tidak akan tercapai supervisi untuk jumlah guru yang begitu besar dan penyebaran yang luas.

"Oleh karena itu, kelompok mata pelajaran yang tergabung dalam MGMP ini bisa bergantian saling menyupervisi. Ini bisa untuk menginstrospeksi bahwa para guru tentu masih memiliki kelemahan," katanya.

Dengan begitu, guru harus tetap senantiasa belajar meskipun pengalaman masa kerja sudah lama atau menjelang purnatugas.

"Guru tidak boleh berhenti belajar karena guru adalah manusia pembelajar yang harus menjadi teladan bagi para peserta didik," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru