Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Diminta Waspada Diare dan ISPA

  • Oleh Reno
  • 27 Juli 2019 - 20:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Memasuki musim kemarau ini, segala kemungkinan penyakit dapat terjadi. Seperti diare dan Infeksi Saluran Pernafasan Akut atau ISPA. Terkait itu, masyarakat diminta untuk waspada.

Apalagi saat ini, kabut asap mulai menyelimut Kabupaten Seruyan terutama pada pagi dan sore hari. Masyarakat agar waspada terhadap dua penyakit ini.

"Kita minta masyarakat tetap waspada terhadap penyakit diare dan Ispa. Terutama musim kemarau ini, asap bekas kebakaran lahan baunya sangat menyengat," kata Kepala Dinas Kesehatan Seruyan, Mahdiniansyah, Sabtu, 27 Juli 2019.

Mahidiansyah menjelaskan, ISPA merupakan infeksi akut yang menyerang satu komponen saluran pernapasan bagian atas. Bagian saluran pernapasan atas yang terkena bisa meliputi hidung, sinus, faring, dan laring. 

Bagian sistem pernapasan tersebut akan mengarahkan udara yang terhirup dari luar ke, trakea dan akhirnya ke paru-paru di mana respirasi berlangsung. 

Menurut Mahdini, banyak cara mencegahnya, terutama mengurangi aktivitas di luar rumah pada saat terjadi tebalnya kabut asap.

"Ketika beraktivigtas di luar rumah, dianjurkan agar menggunakan menutup hidung atau masker. Paling tidak mencegah asap yang dapat terhirup," jelasnya. (RENO/B-11)

Berita Terbaru