Politisi Golkar Khawatirkan Anak Sekolah di Tengah Kabut Asap

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 Juli 2019 - 10:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Politisi Partai Golkar Palangka Raya, Subandi khawatirkan anak usia sekolah yang harus berangkat sekolah pagi-pagi di saat Kota Cantik tengah dilanda kabut asap seperti saat ini.

"Kasihan peserta didik, terlebih mereka yang masuh duduk di bangku sekolah pendidikan usia dini, pendidikan dasar maupun menengah pertama. Karena pagi-pagi mereka sudah berangkat ke sekolah disaat asap sedikit terasa," kata Subandi kepada Borneonews pada Minggu, 28 Juli 2019.

Menurut Subandi, apabila hal ini tidak diantisipasi oleh banyak pihak maka bahaya kabut asap akan sangat berdampak bagi kesehatan.

"Kandungan kimia yang terdeteksi melalui kabut asap ini banyak menghasil karbondioksida dan sulfur (belerang) yang bisa menyebabkan permasalahan kesehatan, khususnya gangguan pernapasan hingga mengidap penyakit infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA," tegasnya.

Dalam situasi ini, lanjut Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya ini, maka diharapkan peran orang tua dan guru harus mengingatkankan anak didiknya menggunakan masker ketika berangkat maupun pulang sekolah.

"Selain itu kita juga menyarankan agar masyarakat dapat mengurangi aktivitas di luar rumah, kalaupun melakukan aktivitas yang sifatnya mendesak diupayakan menggunakan masker," imbaunya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru