20 Hektare Lahan Terbakar di Desa Sungai Bakau

  • Oleh Reno
  • 28 Juli 2019 - 10:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Tim terpadu penangan Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla dari Kecamatan Seruyan Hilir turun melakukan pemadaman api di areal lahan gambut di Desa Sungai Bakau, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Sabtu 27 Juli 2019 sore.

Pemadaman api yang dilakukan sejak sekitar pukul 09.00 WIB itu tampaknya belum tuntas, sehingga harus dilanjutkan lagi pada hari ini Minggu 28 Juli 2019.

"Lahan yang terbakau di Desa Sungai Bakau ini sudah sekitar 20 hektare, kami sudah berupaya secara maksimal melakukan pemadaman di areal terbakar," kata Kapolsek Seruyan Hilir Iptu Setiyono mewakili Kapolres Seruyan AKBP Ramon Zamora Ginting, Minggu 28 Juli 2019.

Setiyono menyebutkan bahea tim yang terlibat dalam pemadaman lahan di Desa Sungai Bakau 2 orang anggota TNI, 8 orang anggota Polri, 15 orang dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, serta 13 warga Desa Sungai Bakau.

Dari lahan yang terbakar, didominasi lahan gambut, selain memang sulit dipadamkan karena api masih mengendap di bagian bawah.

Tim juga kesulitan memperoleh sumber air yang memang jauh dari jangkauan areal yang terbakar. Sehingga pemadaman tetap difokuskan pada areal yang terjangkau. (RENO/B-5)

Berita Terbaru