Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tempat Pembuangan Akhir Handel Palinget Kapuas Berkonsep Edukasi

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 28 Juli 2019 - 12:48 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tempat Pembuangan Akhir atau TPA sampah di Handel Palinget dalam penggunaannya memiliki konsep edukasi, sehingga berbeda karena kebanyakan TPA yang hanya identik dengan tumpukan sampah yang menggunung saja.

Menurut Kabid Pertamanan dan Kebersihan Dinas PUPR-PKP Kapuas Ahmad Isnaeni, selain sebagai tempat pembuangan akhir sampah saat ini TPA Handel Palinget juga bisa menjadi taman bermain dan belajar.

"Di TPA ada taman bermain anak dan belajar yang biasanya dikunjungi oleh para pelajar," ucap Isnaeni kepada wartawan, Minggu, 28 Juli 2019.

Selain sebagai tempat pembuangan akhir TPA tersebut memiliki Taman Warna Warni, juga ada gazebo untuk bersantai ditambah ada audio music. 

"Ada juga area pengelolaan gas metan, cacah plastik atau daur ulang, pembuatan pupuk kompos dan pupuk cair di dalam kawasan TPA Handel Palinget, ini biasa juga jadi wadah edukasi bagi anak-anak sekolah," katanya.

Lebih lanjut, dikatakannya juga ada beberapa gambar dan tulisan-tulisan yang ada di TPA yang masuk wilayah Kecamatan Pulau Petak itu juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Ditambah pernak-pernik di dalamnya tersusun rapi.

"Kami berharap TPA ini dapat menambah pengetahuan masyarakat, karena ini memang berkonsep edukasi," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru