Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Bintang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kapuas Bertahap Menuju Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 28 Juli 2019 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemkab Kapuas secara bertahap akan mengembangkan dan menuju penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE.

Menurut  Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika atau Kominfo Kabupaten Kapuas Suwarno Muriyat selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi atau PPID Utama Kabupaten Kapuas, dengan penerapan SPBE di pemerintah daerah dapat mempermudah komunikasi cepat dan mudah, memangkas waktu dan memangkas biaya. 

"Kabupaten Kapuas juga sekarang secara bertahap menuju SPBE dengan pembangunan jaringan Fiber Optik atau FO terintegrasi ditiap Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas," ucap Suwarno, Minggu, 28 Juli 2019.

"Persiapan juga dilakukan seperti bandwidth terintegrasi, aplikasi online yang terintegrasi serta secara bertahap menuju kapuas satu data," lanjutnya.

Selain itu, dijelaskannya sejumlah aplikasi yang biasa disebut dengan SIBER yaitu sistem informasi dan berita terintegrasi yang mana di dalamnya ada sejumlah dokumen yang bisa diunduh sudah ada dan bisa diakses.


"Baik itu berita terkini mengenai Kabupaten Kapuas dan aplikasi LAPOR untuk menerima laporan dari masyarakat secara langsung yang kemudian akan ditindak lanjuti ke SOPD terkait serta call center untuk pusat informasi dan pengaduan bagi warga," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru