Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kabut Asap di Sampit Mulai Pekat

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 29 Juli 2019 - 08:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kabut asap yang mulai terjadi sejak beberapa hari lalu, kini mulai pekat. Bahkan bau asap tersebut cukup menyengat. Sehingga sangat mengganggu masyarakat yang beraktivitas di pagi hari.

"Kabutnya makin tebal, bahkan sekarang ini bercampur dengan bau asap kebakaran. Sehingga sangat mengganggu pernapasan," ujar Agus Rianto, salah seorang warga yang mengantar anaknya berangkat sekolah, Senin, 29 Juli 2019.

Kabut asap tersebut mulai muncul sekitar pukul 04.00 WIB dini hari. Kabut asap berangsur hilang sekitar pukul 07.00 WIB. Namun kabut yang terjadi pada hari ini baunya cukup menengat. Bahkan, sebagian warga mengaku sudah masuk ke dalam rumahnya.

"Kalau bau asap sudah masuk ke dalam rumah, sehingga anak saya yang masih bayi terpaksa diam di dalam kamar saja," kata Agus.

Meskipun sudah mengalami kabut asap, dirinya masih menyekolahkan anaknya karena tidak ingin tertinggal pelajaran. Namun ia membekali masker agar pernapasan sang anak tidak terganggu.

Selain itu, dirinya juga berharap agar petugas pemadaman kebakaran lahan bisa segera mengantisipasi setiap terjadinya kebakaran. Sehingga tidak berdampak terhadap kabut asap yang terjadi nantinya.

"Mudah-mudahan kebakaran lahan tidak terjadi lagi di daerah ini. Sehingga kabut asap bisa hilang," harap Agus. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 

Berita Terbaru