BPBD Ajak Tiap Rumah Bantu Modifikasi Cuaca

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Juli 2019 - 09:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Warga Kota Cantik diminta untuk meletakkan seember air garam di masing-masing rumah untuk membantu memodifikasi cuaca. Hal ini diminta Kepala Bidang Penanggulangan Bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Henora Koffeno.

"Cuaca di Kota Palangka Raya kembali terik. Setelah sempat hujan beberapa hari lalu, kini cuaca kembali panas. Hal ini dapat menyebabkan kebakaran pada lahan gambut akibat kekeringan" kata Koffeno kepada Borneonews, Senin, 29 Juli 2019.

Saat ini kondisi cuaca belum aman, sebab kemarau tahun ini sangat kering. Maka itu semakin banyak warga yang berpartisipasi menyediakan air garam maka akan mempercepat proses turunnya hujan.

Menurut Koffeno, langkah ini akan menghasilkan modifikasi cuaca sehingga terjadi hujan buatan.

"Ini namanya kita melakukan rekayasa alam agar terjadi hujan buatan. Cara ini cukup optimal karena air garam yang diletakan pada ruang terbuka akan membantu penguapan air dan membentuk awan yang berpotensi hujan," jelasnya.

Koffeno memahami bahwa mungkin tidak banyak masyarakat yang tahu bahkan percaya bahwa tindakan ini dapat membantu. Tapi pihaknya berharap masyarakat tetap mau melakukan tindakan sederhana ini bersama-sama.

"BPBD Kota Palangka Raya sudah menyerukan hal ini kepada masyarakat. Mudah-mudahan masyarakat mau melakukan tindakan sederhana ini, sebab proses hujan buatan ini akan efektif mengantisipasi bencana kabut asap," tutup Koffeno. (TESTI PRISCILLA/B-2)
 

Berita Terbaru