Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Gunung Sitoli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Harus Lebih Dulu Cek Kesehatan Hewan Kurban

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Juli 2019 - 10:12 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Alfian Batnakanti meminta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian atau DKPP Kota Palangka Raya lebih dulu mengecek kesehatan hewan kurban sebelum digunakan pada perayaan Idul Adha umat Islam.

"Seperti seharusnya, akan ada pemotongan hewan kurban dalam momen Idul Adha. Menjelang Hari Raya Kurban yang sebentar lagi ini kami minta agar DKPP untuk mengecek kesehatan hewan kurban tersebut," kata Alfian kepada Borneonews pada Senin, 29 Juli 2019.

Jangan sampai, lanjutnya, ada hewan yang terindikasi penyakit sehingga tak layak dikonsumsi saat umat Islam merayakan momen sakral tersebut.

"Hewan-hewan yang dikurbankan itu harus terlebih dahulu dicek kesehatan, apakah layak tidaknya agar terhindar penyakit seperti antraks atau sebagainya," pesan Alfian.

Menurut Politisi Partai Gerindra ini, baik hewan jenis sapi, kambing, ataupun domba wajib harus melalui pemeriksaan yang standar.

"Karena dengan pemerikasaan yang baik dan dinyatakan sehat maka dapat untuk dijadikan hewan kurban. Untuk teknisnya mungkin dinas terkait tadi yang lebih tahu seperti apa pemeriksaaanya," tutup Alfian. (TESTI PRISCILLA/B-2)
 

Berita Terbaru