DKPP Harus Pastikan Hewan Kurban Bebas Penyakit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Juli 2019 - 10:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Menjelang hari raya kurban atau Idul Adha, Sekretaris Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Alfian Batnakanti meminta agar Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian atau DKPP melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan hewan kurban.

"Sekarang sudah banyak yang menjual hewan untuk kurban, kami harapkan DKPP sudah mulai memeriksa kesehatan hewan-hewan yang dijual sebagai hewan kurban ini," kata Alfian kepada Borneonews pada Senin, 29 Juli 2019.

Menurut Politisi Partai Gerindra Kota Palangka Raya ini, penjualan hewan kurban sudah tampak, bahkan semakin menjamur. Untuk itu, pihaknya meminta kepada DKPP untuk memastikan seluruh sapi dan kambing yang dijual itu bebas penyakit.

"Kami juga meminta tim pengawas yang dibentuk dinas agar memeriksa seluruh kesehatan fisik dan kelayakan hewan kurban," tambahnya.

Menurutnya, baik hewan jenis sapi, kambing, ataupun domba wajib harus melalui pemeriksaan yang standar.

"Karena dengan pemeriksaan yang baik dan dinyatakan sehat maka dapat dijadikan hewan kurban. Untuk teknisnya mungkin dinas terkait tadi yang lebih tahu seperti apa pemeriksaaanya," tutup Alfian. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru