Jumlah Jemaah Calon Haji Asal Kobar Meningkat

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 29 Juli 2019 - 11:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Jumlah jemaah calon haji atau JCH asal Kotawaringin Barat (Kobar) mengalami peningkatan sekitar 15 % jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kepala Seksi Penyanggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Barat Nurhasan mengatakan, pada tahun ini ada peningkatan sekitar 15 % dari jumlah jemaah tahun lalu.

"Tahun lalu ada 138 jemaah dan tahun ini ada 169 calon jemaah haji yang akan berangkat," ujarnya, Senin, 29 Juli 2019.

Dia menyampaikan, Indonesia dapat penambahan kuota haji sebesar 10.000 jemaah, dan di Kobar mendapat jatah 32 orang.

Kata dia, meskipun sudah ditambah kuota 32 orang, pendaftar haji di Kobar juga sangat banyak sehingga masa tunggu pun tetap lama. "Masyarakat yang melihat ada tambahan kuota akhirnya daftar lagi dan pendaftar juga meningkat akhirnya nunggunya tetap aja lama," ungkapnya.

Meskipun demikian, JCH Kobar selalu meningkat. Pada 2014 memberangkatkan hanya 74 jemaah dan sekarang sudah dua kali lipatnya. Kobar juga termasuk mendapat jatah yang cukup banyak ketimbang 2 daerah tetangga, yaitu Lamandau dan Sukamara.

"Lamandau dan Sukamara kalau tidak salah dapat tambahan kuota 2 atau 3 orang saja dan per tahunnya hanya memberangkatkan sekitar 27 sampai 25 jemaah saja," tandasnya. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru