Hujan Sabtu dan Minggu Bantu Pendinginan Lahan Terbakar

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Juli 2019 - 12:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Sugianor menyukuri hujan yang turun pada Sabtu dan Minggu, 27-28 Juli 2019. Turunnya hujan meski tidak merata di semua wilayah Kota Palangka Rayasangat membantu mendinginkan lahan bekas terbakar.

"Memang kemarin-kemarin ada kebakaran lahan. Meskipun sudah dipadamkan oleh BPBD dan Tim Serbu Api Kelurahan atau TSAK dan petugas-petugas lainnya, yang namanya lahan gambut tentu bekas kebakaran itu masih mengukus, makanya kita bersyukur ada hujan meskipun hanya sebentar dua hari kemarin," kata Sugianor kepada Borneonews, Senin, 29 Juli 2019.

Kebakaran di lahan gambut itu menurutnya, tidak bisa dianggap selesai hanya dengan melihat api yang membakar itu padam. Karena gambut itu seperti pori-pori. Jika pemadamannya tidak tuntas maka di bagian bawah akan terus mengukus kan dapat terjadi kebakaran lagi di tempat yang sama.

"Makanya yang bagian bawah itu oleh para petugas pemadam kebakaran digenangi dengan air agar benar-benar padam. Makanya kalau hujan seperti kemarin tentu kita semua sangat bersyukur karena dapat membantu menggenangi area pasca terbakar itu," jelasnya.

Menurutnya, guna memaksimalkan pencegahan terjadinya karhutla, BPBD bersama leading sektor lainnya seperti Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, TSAK, TNI dan Polri serta organisasi kemasyarakatan lainnya diminta untuk terus memperkuat pengawasan wilayah rawan karhutla di Palangka Raya.

"Kawasan-kawasan yang sebelumnya sempat terbakar, maka kita minta tim satgas BPBD dan leading sector lainnya terus memantau sekaligus melakukan pemadaman terhadap sisa-sisa area yang masih terlihat asap mengepul," tambahnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru