Pelayanan Self Service Upaya Rutan Palangka Raya Tingkatkan Pengamanan

  • Oleh Agus Priyono
  • 29 Juli 2019 - 13:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pelayanan self service yang dicanangkan oleh Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Palangka Raya, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan efektivitas pengamanan rutan.

Kepala Rutan Kelas IIA Palangka Raya, Akhmad Zaenal Fikri mengatakan, petugas rutan yang yang mengawasi kunjungan bisa dikurangi dan difokuskan ke pengamanan.

"Dengan adanya sistem ini, pegawai fokus kepada penjagaan dan pengamanan saja. Ini juga langkah pengoptimalan penjagaan," kata Akhmad Zaenal Fikri, Senin, 29 Juli 2019.

Dalam sehari, Rutan Kelas IIA Palangka Raya, menerima setidaknya 150 pengunjung. Dengan keterbatasan pegawai, tentu banyak celah bagi penjenguk untuk menyelundupkan barang terlarang.

Sehingga, dengan sistem self service ini juga dapat menjadi salah satu upaya untuk mengatasi pengunjung gelap. Karena dalam setiap kunjungan, kerabat dari narapidana harus terdaftar melalui sistem.

"Sehari ada 150 pembesuk. Jadi paling kita antisipasi barang-barang yang dibawa pembesuk. Karena ada sistem ini, pembesuk dan barang bawaan akan terpantau," pungkasnya. (AGUS/B-11)

Berita Terbaru