Buka Keterisolasian Sejumlah Kecamatan Jadi PR di HUT ke 17 Kabupaten Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 29 Juli 2019 - 14:32 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kabupaten Katingan genap berusia 17 tahun pada 20 Juli 2019. Agenda puncak perayaan HUT Katingan itu akan daksanakan Selasa, 30 Juli 2019, besok.

Rencananya, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke 17 itu.

Usia Kabupaten Katingan tergolong tidak muda lagi, namun sebagian wilayah daerah ini ini masih terisolasi. Ada tiga wilayah kecamatan yang belum punya akses jalan darat menuju Kasongan, Ibukota Katingan.

Ke tiga kecamatan tersebut, yakni Katingan Kuala dan Mendawai di bagian hilir, dan Kecamatan Bukit Raya di wilayah hulu.

"Masih banyak PR Pemkab dan DPRD Katingan untuk merampungkan pembangunan fisik infrastruktur jalan dan jembatan di tiga wilayah itu," tutur M Yahya, tokoh masyarakat Katingan, Senin, 29 Juli 2019.

Khusus di daerah selatan berdampak pada terisolasinya masyarakat daerah muara Katingan dari Kasongan. Dampaknya msyarakat di dua kecamatan tersebut merasa lebih dekat menuju Sampit, Kotim.

"Saya kira PR tersebut harus dituntaskan oleh Pemerintahan Kabupaten Katingan. Yakni eksekutif dan legislatifnya," ujar M Yahya. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru