Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

70 Titik Panas Terpantau di Barito Selatan Periode Mei - Juli 2019

  • Oleh Uriutu
  • 29 Juli 2019 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Sebanyak 70 titik panas atau hotspot terdeteksi di Barito Selatan selama Mei - Juli 2019. Hal itu berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Barito Selatan.

Kepala BPBD Barsel, Alip Suryala mengatakan, hot spot yang terpantau tersebut tak seluruhnya menjadi titik api. Karena lokasi terpantau di areal terbuka.

“70 hotspot yang terpantau ini bukan rujukan dari karhutla. Rata-rata yang terpantau persentasenya sekitar 30 persen,” kata Kepala BPBD Barsel, Alip Suryala, Senin, 29 Juli 2019.

Dia menjelaskan, kalau persentasenya 45 itu berarti panas yang terpantau dari seng. Jika persentase 60 ke atas itu berarti ada yang yang membakar atau terbakar.

Dari Mei - Juli 2019, untuk wilayah Kecamatan Dusun Selatan ada tujuh titik karhutla. Namun bisa ditangani dengan baik sehingga luasan yang terbakar bisa ditekan.

“Luasan  yang terbakar sedikit, hanya satu yang paling banyak luasannya di daerah Malitin Jalan PT Multi Tambang Jaya Utama. Sekitar 6,23 hektare,” beber dia.

Hal itu karena lokasinya jauh masuk ke dalam hutan serta tidak ada informasi dari masyarakat. Meski demikian, damkar menurunkan tiga mobil serta dibantu suplai air dari PT MUTU.

Adapun untuk pencegahan, pihaknya sudah jauh-jauh hari melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat. Dan setiap hari melakukan patroli ke titik rawan karhutla. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru