Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sabu Raijua Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Cara Dinas Pertanian Pastikan Kesehatan Hewan Kurban

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 29 Juli 2019 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pertanian atau Distan Kabupaten Kapuas melalui Bidang Peternakan segera memeriksa kesehatan hewan kurban.

Lokasi yang akan didatangi di antaranya pasar hewan dan pedagang hewan kurban.

Kasi Kesehatan Hewan Distan Kapuas Anik Ariswandani menuturkan, pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kesehatan hewan kurban, baik sapi maupun kambing. 

"Yang diperiksa kesehatannya. Misalnya untuk sapi sehat itu tidak menunjukkan gejala penyakit hewan menular," ucap Anik kepada wartawan, Senin, 29 Juli 2019.

"Mata terlihat jernih, kulit bersih mengkilat, lubang kumlah bersih. Dari segi umur harus di atas 1 tahun untuk kambing, dan sapi di atas 2 tahun. Diperiksa dengan melihat susunan gigi hewan," lanjutnya.

Kemudian, ASN yang juga berprofesi sebagai dokter hewan ini, menjelaskan bahwa secara kasat mata hewan kurban tidak cacat, buta, pincang, patah tanduk, putus ekor, rusak daun telinga.

"Dan pada hewan kurban jantan memiliki buah zakar lengkap atau dua buah dengan bentuk dan letak yang simetris," katanya.

Ia berharap, dari hasil pemeriksaan kesehatan hewan kurban nantinya, tidak ditemukan ciri-ciri fisik yang menandakan hewan tidak sehat. Sehingga dapat dengan aman dan nyaman saat dikonsumsi warga.

"Karena itu pemeriksaan kesehatan hewan itu penting dilaksanakan," tegasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru