95,245 Hektare Lahan Petani Sukamara Rampung Rekomendasi Teknis Replanting Sawit

  • Oleh Norhasanah
  • 29 Juli 2019 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara Irlan Khodriansyah mengatakan, luas lahan yang selesai tahap Rekomendasi Teknis (Rekomntek) dalam program peremajaan atau Replanting bagi petani kepala sawit mencapai 95,245 hektare.

"Rekomtek yang sudah selesai tingkat kabupaten, provinsi hingga tingkat pusat adalah kelompok tani dari Desa Pangkalan Muntai dengan luas lahan 95,245 hektar," kata Irlan Khodriansyah, Senin, 29 Juli 2019.

Menurut Irlan, saat ini memang kelompok tani Desa Pangkalan Muntai yang sudah melaksanakan tahapan Rekomtek terkait dengan permohonan bantuan hibah dana replanting tanamam sawit masyarakat, sementara beberapa kelompok tani lainnya proses tahapan masih berjalan.

"Sementara ini lima kelompok lainnya sudah selesai Rekomtek tingkat provinsi, yang kemudian akan dialnjut tongkat pusat," ujarnya.

Irlan berharap, program peremajaan atau Replanting bagi petani kepala sawit di Kabupaten Sukamara bisa berhalan sesuai harapan.

Sebelumnya, Bupati Sukamara, Windu Subagio mengatakan, bahwa program peremajaan kelapa sawit diharapkan menjadi tonggak baru untuk memulai usaha perkebunan yang baik dan benar bagi para petani di Kabupaten Sukamara.

Sehingga, tidak ada lagi lahan yang sia-sia, karena bibit yang ditanam adalah kelapa sawit yan yang bagus dan bersertifikat.

"Ini sungguh sebuah kesempatan, bahwa pemerintah melalui BPD PKS mengucurkan anggaran yang cukup besar untuk masyarakat dengan sistem hibah, untuk memurnikan dan memperbaiki kebun kepala sawit masyarakat," tutur Windu Subagio. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru