Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peran Kader Posyandu Tanggulangi Stunting Penting

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 29 Juli 2019 - 23:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Peran serta kader pos pelayanan terpadu (Posyandu) dalam menanggulangi stunting di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dinilai penting.

"Saya berharap banyak kader Posyandu di kecamatan bisa menanggulang stunting," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor saat Pembukaan Pertemuan Pembinaan Kader Posyandu dan Temu Kader TP PKK kabupten dan kecamatan se-Kotim, Senin, 29 Juli 2019 sore.

Hal tersebut karena Kotim ditetapkan pemerintah pusat sebagai salah satu kabupaten yang menjadi prioritas penanganan stunting daro 160 kabupaten/kota se-Indonesia.

Sehingga hal itu harus menjadi komitemen bersama untuk turut serta dalam menanggulangi stunting. Dengan adanya hal itu, maka peran kader Posyandu sangatlah penting. 

"Salah satu kegiatan Posyandu adalah penimbangan balita. Artinya data balita ada di Posyandu, sehingga hal itu bisa dimanfaatkan untuk mengontrol indikasi balita stunting," kata Halikinnor. 

Dengan adanya hal itu, maka Posyandu harus berperan aktif dalam melakukan hal tersebut. Sehingga jika nantinya ditemukan balita stunting dapat segera ditangani. Dan hal itu harus dilakukan, karena sudah menjadi tanggungjawab sleuruh elemen pemerintahan dan masyarakat. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru