Pentingnya Komitmen Bersama untuk Tekan Angka Stunting

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 30 Juli 2019 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dalam rangka menekan angka terjadinya stunting di Kabupaten Kapuas perlu komitmen bersama semua pihak. Yakni berbagai instansi terkait hingga lintas sektor.

"Dari Presiden, Gubernur Kalteng hingga Bupati Kapuas sudah memiliki komitmen kuat. Kini tinggal jajaran di bawah sampai ke desa yang harus menguatkan komitmen, agar penurunan angka stunting ini dapat tercapai sesuai target," kata Kepala Dinas Kesehatan Kapuas, Apendi, Selasa, 30 Juli 2019.

Dia mengatakan, ada sekitar 80 lebih desa bertanda merah yang harus ditangani masalah stunting ini.

"Namun untuk penanganan awal tahun ini ada 22 desa dulu, dan selanjutnya akan bertahap. Agar lebih fokus dan maksimal," kata Apendi.

Selain itu, dia juga berharap kepada masyarakat untuk tidak memandang remeh masalah gizi, sanitasi lingkungan dan posyandu. 

“Karena posyandu disitulah tempat kita memantau gizi anak. Jadi, kedepan agar masyarakat lebih giat lagi memperhatikan anak balitanya dan berprilakulah hidup bersih dan sehat,” ucapnya.

Apendi menjelaskan, stunting merupakan kondisi tinggi badan seseorang lebih pendek dibandingkan untuk seusianya. Dan itu dapat mengganggu pertumbuhan generasi muda. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru