SDM Faktor Utama Pengaruhi Ketahanan Suatu Wilayah

  • Oleh Ramadani
  • 30 Juli 2019 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Danramil 1013/ 06 - Lahei Kapten Inf Praptomo mewakili Dandim 1013/Muara Teweh, mengatakan bahwa ketahanan wilayah untuk perkembangan politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan (poleksusbudhankam) menjadi faktor yang harus di bangun bersama.

Selain itu, sumber daya manusia (SDM) merupakan faktor utama yang sangat dinamis dan mempengaruhi ketahanan suatu wilayah. 

“SDM perlu dipersiapkan sejak dini. Pertumbuhan anak sangatlah penting bagi setiap orang tua. Buah hati yang hadir di tengah keluarga membuat kebahagiaan yang tidak ternilai. Setiap orang tua pasti akan memperhatikan kebutuhan buah hatinya. Mulai dari pertumbuhan fisik, pemenuhan kebutuhan gizi, dan lain sebagianya,” ungkap dia pada kegiatan pendampingan optimalisasi golden period di Puskesmas Lahei II, Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara, Selasa, 30 Juli 2019.

Kepedulian terhadap perkembangan anak dalam golden period  sangat penting. Hal ini merupakan tanggung jawab utama orang tua.

Kendati demikian, lanjut dia,  selain orang tua, sebagai masyarakat beradab yang terstruktur dalam  komunitas modern, secara sistemik  semua elemen bangsa bertanggung jawab. 

“Dengan SDM unggul kita akan mampu menatap masa depan. Oleh karena itu, perlu keterlibatan semua pihak,” ucapnya. 

Pendampingan diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan untuk mengawal pertumbuhan setiap bayi yang akan dilahirkan dalam melewati masa golden period. Terutama bagi masyarakat yang masih memiliki keterbatasan ekonomi. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru