Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Tetapkan Indikator Kesehatan Hewan Kurban

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 30 Juli 2019 - 19:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya menetapkan sejumlah indikator yang harus dipenuhi peternak atau pedagang hewan untuk memastikan kesehatan hewan kurban.

Indikator utama yang perlu diperhatikan adalah penampilan fisik sapi atau kambing dari luar yang didak boleh ada cacat bawaan.

“Kami pastikan setiap sapi yang diberi tanda dinyatakan sehat. Kami lakukan pengecekan awal secara fisik,” kata Kepala Bidang Keswan, Kesmavet, Pengolahan dan Pemasaran pada DKPP Kota Palangka Raya, Sumardi, Selasa, 30 Juli 2019.

Dari sisi penampilan, lanjut dia, bulu sapi yang baik akan terlihat bersih dan tidak kusam. Tanpa ada cacat fisik. Seperti testis hanya satu, tanduk patah, ataupun kaki ekor maupun organ lainnya.

“Tetapi kalau misalnya luka sedikit dibagian telingan kerena pemberian tanda sebelumnya itu tidak kami permasalahkan,” terang Sumardi.

Setelah itu, penting juga untuk memastikan umur sapi sudah mencukupi untuk dijadikan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah.

Usia ini dapat dilihat dari susunan gigi sapi. Jika gigi susu sudah tanggal dan digantikan gigi dewasa sudah bisa dipastikan sapi memiliki umur yang cukup. (HERMAWAN DP/B-3)

Berita Terbaru