Pencegahan ISPA Perlu Antisipasi Lintas Sektoral

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 30 Juli 2019 - 20:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Jumlah pasien Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di RSUD dr Doris Sylvanus mengalami peningkatan.

Supaya jumlah penderita tidak terus bertambah, perlu dilakukan antisipasi lintas sektoral.

“Pasien ISPA baik rawat inap maupun rawat jalan meningkat selama kurun waktu satu bulan terakhir.  Ini memang harus diantisipasi dan butuh koordinasi lintas sektoral,” kata Wakil Direktur RSUD dr Doris Sylvanus, Theodorus Sapta Atmadja, Selasa, 30 Juli 2019.

Pasanya, RSUD Doris Sylvanus merupakan rumah sakit rujukan dari rumah sakit daerah di tiap kabupaten dan kota yang ada di Kalimantan Tengah. Sehingga memang perlu penanganan berjenjang.

Ia meminta masyarakat untuk waspada dan tanggap. Saat ada keluhan terkait kesehatan baik itu batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan demam tinggi akibat terpapar cuaca kabut asap harus segera berobat.

“Langsung saja datang ke sarana kesehatan terdekat. Jadi tidak sampai ke RSUD dr Doris Sylvanus karena sudah di tangani oleh mereka,” sebut Theodorus Sapta Atmadja.

Ia juga menekanakan jika memang fasilitas kesehatan tersekat, baik itu puskesmas maupun rumah sakit daerah, tidak mampu baru dirujuk ke RSUD dr Doris Sylvanus.

“Saat membutuhkan fasilitas yang lengkap baru dirujuk ke RSUD Doris Sylvanus,” tuturnya. (HERMAWAN DP/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru