Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Potensi Besar Perairan Palangka Raya Harus Dikelola

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 Juli 2019 - 20:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan atau KTNA Provinsi Kalimantan Tengah, Sugianor, mengatakan bahwa potensi besar yang dimiliki Kota Cantik haruslah dikelola semaksimal mungkin.

"Sampai 2018, di Palangka Raya terdapat 2.383 rumah tangga perikanan, dan 2.383 armada usaha tangkap ikan, serta 5.676 alat tangkap ikan berbagai jenis. Ini potensi yang besar, dan harus dikelola semaksimal mungkin," kata Sugianor kepada Borneonews, Selasa, 30 Juli 2019.

Laki-laki yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya ini meminta Wali Kota Fairid Naparin memerintahkan Badan Penelitian dan Pengembangan bersama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah untuk memetakan potensi perairan di Kota Cantik.

"Setiap kebijakan yang akan diputuskan atau telah diputuskan harus diuji dampak dan efektivitasnya oleh Balitbang. Jadi pemetaan potensi perairan umum, sangat diperlukan sebagai dasar mengambil keputusan atau kebijakan. Kondisi ekosistem di wilayah perairan umum yang terjaga akan berpengaruh terhadap hasil tangkapan ikan oleh masyarakat," sebutnya.

Bahkan, lanjut dia, jika kondisi perairan tersebut terjaga dengan baik, berpotensi untuk dikembangkan sebagai kawasan ekowisata.

"Intinya adalah pemetaan supaya yang lain-lain bisa kita lanjutkan. Kalau kita bisa tahu apa yang kita miliki maka kita akan tahu apa yang bisa kita kembangkan," tutur politisi PKB ini. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru