BPTP Kalteng Gelar Gerakan Petani Milenial di Kotawaringin Barat

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 30 Juli 2019 - 21:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian atau BPTP Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar pendampingan Gerakan Petani Milenial di Aula Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Selasa, 30 Juli 2019.

Kepala BPTP Kalteng Fery Fahruddin Munir mengatakan, kegiatan pendampingan petani milenial ini merupakan program tahun 2018, dari presiden yang ingin mengembangkan potensi petani muda atau biasa disebut petani milenial.

"Targetnya ini kelahiran pada tahun 2000 an, tetapi tidak juga demikian, intinya usia 17 sampai 39 tahun," ujarnya.

Sementara itu yang mengikuti giat pendampingan awal dari akademisi, pelajar dan para kelompok tani di sekitar Pangkalan Bun.

Dia mengungkapkan, hal ini dilakukan lantaran para petani saat ini usianya banyak yang sudah tua, maka perlu adanya regenerasi dan yang berpotensi sekarang adalah petani millenial atau anak - anak muda yang punya kemauan.

"Saat ini memasuki era 4.0, maka semua kegiatan pertanian mengarah pada industriliasi modern, untuk para millenial ini kita arahkan sepeti itu, serba modern dan menggunakan teknologi," jelasnya.

Adapun tujuan dari BPTP sebagai salah satu pelaksana dari kementrian pertanian yang ada di Provinsi membantu menggerakkan, BPTP lebih pada menyediakan inovasi teknologi yang spesifikasi. 

"Hasil penelitian yang kita lakukan kita transfer kepada petani millenial kita, dengan pendampingan maka harapannya mereka lebih menguasai lagi bidang pertanian yang terbarukan,harapanyya mengusai inovasi teknologi, teori dan sampai praktek," tandasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru