Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Minta Masyarakat Tak Gunakan Plastik Hitam untuk Daging Kurban

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 31 Juli 2019 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DPKP) Kota Palangka Raya mengajak panitia kurban untuk menjaga kualiatas dan keamanan daging. Salah satunya tidak menggunakan plastik hitam untuk membungkus daging kurban.

“Selain cara menyembelih yang baik, panitia kurban sebisa mungkin jangan menggunakan plastik hitam secara langsung untuk bungkus daging,” kata Kasi Kesehatan Hewan DKPP Kota Palangka Raya, Eko Heri Yuwono, Rabu, 31 Juli 2019.

Dia mengingatkan dalam pembuatan kantong plastik hitam ada campuran kandungan logam berat. Termasuk salah satunya bahan timbal (Pb) yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Timbal yang terkandung dalam kantong plastik hitam ini dapat dengan mudah berpindah ke makanan, terlebih jika makanan dalam keadaan panas.

“Zat berbahaya di plastik hitam bisa berpindah pada makanan yang bersentuhan langsung. Khususnya untuk makanan panas termasuk juga daging ini,” tandasnya.

Selain itu, dalam waktu dekat DKPP akan menyosialisasikan cara penyembelihan hewan kurban yang sesuai syariat. (HERMAWAN DP)

Berita Terbaru