Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Hektare Lahan Terbakar, Sebagian Diduga Sengaja Dibakar

  • Oleh Naco
  • 31 Juli 2019 - 13:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Kotawaringin Timur sudah mencapai luasan sekitar 100 hektare. Itu disampaikan oleh Badan Penananggulangam Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotim.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kotim, M Yusuf mengatakan, luasan lahan sebanyak itu terbakar karena ada faktor kesengajaan.

"Ada yang diduga sengaja dibakar, kami lihat pemiliknya. Jadi untuk itu sudah kami laporkan ke Polres Kotim agar diproses. Seperti apa prosesnya ranahnya ada di mereka," kata Yusuf, Rabu, 31 Juli 2019 usai mengikuti pembahasan APBD Perubahan di DPRD Kotim.

Kebakaran itu terjadi di sekitar 100 titik dan terjadi sebanyak 30 kejadian lebih. Bahkan sampai saat ini tim posko kebakaran hutan dan lahan terus bersiaga dan memadamkan api.

Yusuf menegaskan, untuk memgantisipasi kejadian ini semakin parah mereka sudah bersurat ke Gubernur Kalteng agar ada bantuan Helikopter Water Boombing.

"Helikopternya sudah disetujui nanti mendarat di Bandara H Asan Sampit dan kemungkinan minggu depan sudah operasional," tegasnya.

Kebakaran lahan itu, lanjut Yusuf, tersebar di beberapa kecamatan namun yang paling banyak terjadi di Kecamatan Mentaya Hilir Utara dan Mentaya Hilir Selatan. (NACO/B-2)

Berita Terbaru