Komorbiditas Penyebab Parahnya ISPA

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 31 Juli 2019 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Direktur RSUD Doris Sylvanus, Theodorus Sapta Atmadja menjelaskan parahnya penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) biasanya ditunjang oleh Komorbiditas.

Komorbid adalah penyakit penyerta yang biasanya ikut terpicu saat pasien mengalami penyakit utamanya yang akhirnya menyebabkan komplikasi.

“Jika ISPA murni tanpa komorbid sebenarnya bukan kasus rawat inap. ISPA cukup di tingkat rawat jalan bisa selesai dan tertangani,” kata Theodorus Sapta Atmadja, Rabu, 31 Juli 2019.

Ia menekankan, ISPA yang sering menjadi masalah dan perlu penanganan serius hingga rawat inap adalah ISPA yang disertai dengan Komorbid.

Pasien memiliki penyakit yang sebelumnya sudah ada dan kemudian terpapar kabut, akhirnya memburuk. Biasa jika berhubungan dengan ISPA komorbid yang sering terpicu adalah paru kronis, bronkitis, dan asma.

“Penyakit paru ini yang bisanya menyebabkan pasien ISPA ini menjadi semakin buruk keadaannya,” terang dia. 

Ia juga mencatat kebanyakan pasien yang masuk karena ISPA adalah balita, dan lansia. Karena memang dua kalangan ini mempunyai daya tahan yang lebih lemah dari remaja dan dewasa muda. (HERMAWAN DP/B-2)

Berita Terbaru