Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapasitas Rutan Kelas II B Buntok Masih dalam Ambang Batas Wajar

  • Oleh Uriutu
  • 31 Juli 2019 - 14:46 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Kapasitas Rumah Tahanan atau Rutan kelas II B Buntok, Barito Selatan masih dalam ambang batas wajar. Demikian disampaikan kepala Rutan Buntok, Mastur kepada Borneonews, Rabu, 31 Juli 2019.

Ia mengatakan, kapasitas rutan 150 orang. Namun, saat ini dihuni 160 orang tahanan. Meskipun kelebihan 10 orang, masih belum dianggap over kapasitas.

“JIka dibandingkan dengan rutan pada kabupaten lain yang ada di Kalteng ini, rutan Buntok masih dalam ambang batas wajar meski kelebihan 10 orang narapidana,” kata Mastur kepada Borneonews. 

Bahkan lanjut dia, ruang tahanan masih luas dengan jumlah tahanan yang ada itu.

Ia menjelaskan, rutan Buntok hanya untuk menampung tahanan yang sifatnya titipan. Ketika tahanan tersebut sudah dijatuhi hukuman maka langsung dipindah ke lembaga pemasyarakatan (lapas).

"Kalau sudah divonis berapa lama hukumannya, mereka tidak lagi di rutan. Jadi kelebihan tahanan ini tidak berlangsung lama," jelas dia.

Ia menambahkan, dari segi pembinaan para warga binaan di rutan itu diberikan bimbingan keagamaan baik yang beragama Islam maupun Nasrani, serta diberikan kesempatan beraktivitas lewat olah raga dan senam bersama.

"Jadi, selain dibentuk sisi mental spiritual kepribadian, tahanan itu juga diminta menjaga kesehatan," ucapnya.

Bahkan, lanjut dia, rutan juga mendapatkan bantuan fasilitas olahraga dari pemerintah daerah Barsel, seperti peralatan tenis meja lengkap. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru