Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bitung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Pipa Transmisi Gas Bumi Harus Libatkan BUMD

  • Oleh Budi Yulianto
  • 31 Juli 2019 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Badan Pengatur Hilir atau BPH Migas, M Fanshurullah Asa menyampaikan tiga poin penting dalam Focus Group Discussion atau FGD prospek pengembangan dan peningkatan pemanfaatan gas bumi di Kalimantan melalui pembangunan pipa transmisi gas bumi Trans Kalimantan.

"Saya sudah dua kali ketemu Gubernur Kalteng (Sugianto Sabran). Kami memohon kalau sudah layak dari sisi supply demand atau kebutuhannya, kawan-kawan badan usaha atau perusahaan yang nanti akan mengangkut pipa atau berniaga sesuai izin, tolong perhatikan kerjasama dengan BUMD," pesannya, Rabu, 31 Juli 2019.

"Jadi BUMD perlu dilibatkan. Ini penting. Sehingga nanti akan ada kemudahan izin seperti lahan dan lain sebagainya," imbuhnya.

Dalam FGD tersebut, ia menekankan kepada gubernur dan bupati se Kalimantan, Bappeda dan badan usaha untuk fokus pada penciptaan demand.

"Dari sisi pasokan gas, Indonesia luar biasa. Demand (kebutuhan) ini penting untuk menciptakan kawasan industri," ungkapnya.

Selanjutnya, pada momen tersebut, ia memohon kepada pemerintah pusat untuk mewujudkan apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada 14 Juli lalu.

Di antaranya berkaitan dengan pembangunan infrastruktur, investasi, SDM, formasi birokrasi dan APBN digunakan secara tepat sasaran.

"Kita melihat dari sisi infrastruktur, investasi dan menggerakkan SDM yang ada di Kalimantan. Maka saya harap, perjuangan kami pipa gas Kalimantan ini bisa menjadi bagian dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2020-2024. Juga menjadi proyek strategis nasional yang sekarang sedang dibahas dengan Bappenas," tuntasnya. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru