PDAM Kapuas Optimalkan Ketersediaan Air pada Musim Kemarau

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 31 Juli 2019 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM Kabupaten Kapuas terus berupaya mengoptimalkan ketersediaan air bersih pada musim kemarau saat ini.

Terlebih selama kemarau, kondisi air baku yang biasa diambil PDAM di Sungai Kapuas Murung terinterupsi air laut hingga menyebabkan rasanya asin.

Menyikapi hal itu, manajemen PDAM Kapuas mengoperasikan instalasi cadangan di Palingkau untuk mendistribusikan air kepada pelanggan.

Direktur PDAM Kapuas Agus Cahyono mengatakan, akan terus berupaya meningkatkan pelayanan masyarakat termasuk memastikan ketesediaan air bersih.

"Langkah yang dilakukan saat ini untuk mengoptimalkan instalasi pengolahan pipa dua yang ada di Jalan Pemuda, Kota Kuala Kapuas, yang mana penyaluran air bersih untuk pelanggan saat ini diambil dari di jalur tersebut," ujarnya kepada wartawan, Rabu, 31 Juli 2019.

"Tetapi kapasitas instalasi cadangan itu masih terbatas," lanjut dia.

Dalam mengantisipasi agar tidak terjadi pendistribusian air secara bergilir kepada pelanggan, PDAM dalam waktu dekat akan memasang pompa baru atau tambahan.

"Sehingga pelanggan PDAM dapat tersalurkan dengan lancar. Karena saat ini sedikit mengalami kendala terhadap instalasi pengolahan untuk melayani wilayah Kota Kuala Kapuas, Barimba, dan Anjir Serapat. Tapi akan teratasi dengan mesin pompa nanti," janji Agus. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru