Siswa SMK Harus Jadikan Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara sebagai Motivasi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 31 Juli 2019 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah, Slamet Winaryo mengajak siswa sekolah menengah kejuruan atau SMK lebih semangat dalam menuntut ilmu.

Ia juga mengajak siswa SMK menjadikan momen rencana pemindahan ibu kota negara Indonesia ke Kalimantan Tengah sebagai pendorong untuk lebih mengasah skil.

“Dengan wacana pemindahan ibu kota negara, SMK harus bergerak. SMK ada kelompok bisnis, kelompok wisata dan lainnya. Kalianlah nanti yang akan menjadi pelaku usaha,” tutur Slamet Winaryo, Rabu 31 Juli 2019.

Pada kesempatan itu, ia mengajak lulusan SMK untuk tidak terlalu mengharap PNS. Walaupun memang ingin menjadi PNS harus menjadi pandangn pilihan yang terakhir. 

“Yang utama adalah menjadi pengusaha. Peluang usaha kita ini sangat besar, negara yang habat dan besar adalah negara yang memiliki banyak pengusaha,” tuturnya.

Ia menilai jika dibandingkan dengan PNS pengusaha memiliki peluang yang lebih besar. Pasalnya setiap tahun Kalteng meluluskan sekitar 30 ribu sampai 40 ribu anak. 

Hal ini berbading terbalik dengan formasi penerimaan PNS yang hanya beberapa ratus. Jika memang dipaksakan ke PNS akan ada puluhan ribu yang masih menganggur.

“Pola pikir ini perlu diubah, jadilah juragan untuk dirinya dan lingkungannya. Satu anak dengan satu usaha,” tutupnya. (HERMAWAN DP/B-3)

Berita Terbaru