Komisi II DPRD Kapuas Minta PDAM Bangun Lagi Instalasi Pengolahan Air

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 31 Juli 2019 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Komisi II DPRD Kapuas meminta Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM bisa kembali mengusulkan membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA), sehingga tetap optimal pendistribusiannya saat musim kemarau.

"Saran Komisi II agar diusulkan atau dibangun lagi water treatment plan atau Instalasi Pengolahan Air, dengan kapasitas 200 liter perdetik ke Pemkab Kapuas," ucap Anggota Komisi II DPRD Kapuas Wahyudinata disela kunjungan ke PDAM pada Rabu, 31 Juli 2019.

Lebih lanjut, Politisi dari Partai NasDem ini mengatakan Komisi II DPRD Kapuas sangat mendukung rencana PDAM untuk mengusulkan itu agar kebutuhan air bersih untuk masyarakat dapat dipenuhi, sehingga tidak lagi bergiliran pada musim kemarau.

"Pada IPA di Jalan Pemuda kapasitas penampungan air untuk menyuplai kemasyarakat terlalu kecil. Yang ada ini hanya 100 liter perdetik," katanya.

Menurut dia Instalasi Pengolahan Air yang memadai perlu ditambah lagi dengan kapasitas 200 liter perdetik, sehingga akan tercukupi kebutuhan masyarakat atau pelanggan di musim kemarau.

"Dari tinjauan kita untuk jumlah pelanggan PDAM Kota Kapuas atau Kecamatan Selat ada 16.000, barimba 4000, anjir 3500. Jadi jumlahnya ada 23.000 pelanggan," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru