Diklat Paskibra Kotawaringin Barat Digelar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 01 Agustus 2019 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna mempersiapkan 72 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) jelang melaksanakan tugasnya mengibarkan bendera merah putih dalam Upacara Peringatan ke 74 Hari Kemerdekaan RI tahun 2019, Diklat Paskibraka Kabupaten Kobar dimulai, Kamis, 1 Agustus 2019.

Dalam diklat yang tertujuan untuk memantapkan anggota Paskibra dalam melaksanakan tugasnya tersebut, peserta diberikan berbagai materi fisik dan non fisik.

"Pelatihan fisik berupa gerakan dasar baris berbaris selama 4 hari. Kemudian mulai dilakukan pembentukan formasi pasukan 17, 8 dan 45," jelas Pelatih Paskibra Mulyadi.

Menurut Mulyadi, saat pembentukan formasi pasukan tersebut selama pelatihan bakal dilakukan penggantian dan bongkar pasang anggota yang tergabung dalam sebuah pasukan.

"Hal ini bertujuan untuk memilih setiap individu yang dianggap cocok tergabung dalam pasukan mana. Khususnya pasukan inti Paskibra yaitu pasukan 8," jelas Mulyadi.

Sedangkan, lanjut Mulyadi, kepastian siapa yang bakal masuk dalam pasukan 8 bakal diputuskan pada H-3 HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus atau tanggal 15 Agustus 2019.

"Karena anggota pasukan 8 memang harus dipilih dari yang terbaik. Lantaran pasukan inilah yang memiliki peran vital sebagai petugas penggerek, pengencang dan pembawa bendera Merah Putih," jelas Mulyadi. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru