Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelatih Berharap Sertifikasi Kepelatihan Paskibra Digelar Berkelanjutan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 01 Agustus 2019 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pelatih pasukan pengibar bendera atau paskibra harus mengikuti Training of Training (ToT) yang dilaksanakan oleh Dispora tingkat provinsi atau Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Sayangnya, selama puluhan tahun ini di tingkat Provinsi Kalteng tidak digelar lagi ToT tersebut.

"Terakhir saya sempat mengikuti ToT tingkat Provinsi sekitar tahun 2007. Hingga saat ini pelatihan tersebut belum pernah lagi digelar. Sehingga saat ini kami belum mendapatkan re-generasi pelatih Paskibra khususnya di Kabupaten Kobar," jelas Kasi Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Jamri, Kamis, 1 Agustus 2019.

Ia berharap, kegiatan tersebut bisa dilaksanakan secara berkala, paling tidak di tingkat provinsi agar bisa terus mendapatkan kuantitas dan kualitas pelatih Paskibra di kabupaten.

"Harapannya kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkala. Sehingga kita tidak sempat mengalami kekosongan pelatih yang memiliki kualifikasi dalam membina Paskibra di tahun-tahun mendatang," harapnya.

Ada tiga tingkatan dalam sertifikasi ToT yang wajib diikuti pelatih. Yaitu Tingkat kabupaten, provinsi dan nasional. Untuk sertifikasi tingkat kabupaten dan provinsi dilaksanakan di ibukota provinsi masing-masing. Kemudian untuk tingkat nasional dilaksanakan di Jakarta.

Menurutnya, pelatih yang memiliki kualifikasi pelatihan tingkat kabupaten, tentunya hanya bisa menjadi pelatih di Kabupaten saja. 

"Sedangkan tingkatan yang lebih tinggi yaitu provinsi, bisa melatih di kabupaten dan provinsi. Kemudian bila mendapatkan sertifikasi nasional tentunya bisa melatih Paskibra tingkat nasional, provinsi dan kabupaten."

Biasanya peserta yang mengikuti ToT dipilih oleh Dispora melihat dari catatan dan bibit unggul Purna Paskibra di kabupaten masing-masing. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru