Diklat Calon Paskibra untuk Membangun Karakter

  • Oleh Norhasanah
  • 01 Agustus 2019 - 18:22 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sukamara Ahmad Zunani mengatakan, pendidikan dan pelatihan bagi calon Pasukan Pengibar Bendera atau Paskibara bertujuan untuk membangun karakter bangsa pada setiap anggotanya.

"Diklat ini tujuan yang ingin diwujudkan antara lain adalah membangun karakter bangsa," kata Ahmad Zunani saat membuka diklat, Kamis, 1 Agustus 2019.

"Ini selaras dan sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yaitu menciptakan putra-putra bangsa yang memiliki pribadi berkarakter kuat, baik secara moral maupun kultur," jelasnya.

Zunani melanjutkan, baik secara moral, berarti memiliki integritas yang tinggi. Sedangkan secara kultural, yang artinya memiliki akar landasan sosial budaya nusantara.

"Harapan kita dengan diklatnya, untuk menambah pengetahuan tentang Paskibra kepada peserta pelatihan, sehingga terbentuknya karakter para pelajar ini," ujarnya.

"Untuk diklat ini akan dilaksanakan mulai hari ini, sampai dengan tanggal 20 Agustus mendatang, dan untuk kegiatan pendidikan dan pelatihan ini kita pusatkan di Balai Pelatihan Guru (BPG)," terang Ahmad Zunani. 

Dipilihnya BPG karena fasilitas yang dimiliki cukup lengkap, baik asrama, tempat ibadah, dan tempat latihan.

"Anggota Paskibra ini akan dilatih dari Polri dan TNI serta pihak terkait lainnya," kata Ahmad Zunani. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru