Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tujuan Penyusuan Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2020

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 01 Agustus 2019 - 19:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah dalam sambutannya yang dibacakan pada Rapat Paripurna, Kamis, 1 Agustus 2019, menyampaikan tujuan dari penyusunan kebijakan umum anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020.

Menurut Bupati, setidaknya ada empat tujuan dari penyusunan kebijakan umum anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020 

Pertama, menyinergikan mekanisme perencanaan antara top down dan bottom up planning, melalui perumusan berbagai kebijakan terkait dengan pendapatan belanja pembiayaan maupun pencapaiannya.

Kedua, mengoptimalkan pengelolaan atas implementasi APBD.

Ketiga, meningkatkan koordinasi antara eksekutif dan legislatif dalam memantapkan penyusunan perencanaan anggaran pembangunan yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel.

Terakhir, sebagai landasan pedoman umum bagi penetapan prioritas dan plafon anggaran sementara dalam rangka penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah.

"Dengan memperhatikan kondisi dan kebijakan yang ditetapkan di dalam kebijakan umum anggaran tahun 2020, maka prioritas dan plafon anggaran sementara tahun 2020 juga disusun dengan tujuan sebagai berikut," tambahnya.

Pertama, sebagai rancangan program prioritas dan standar batas maksimal anggaran yang diberikan kepada satuan kerja perangkat daerah untuk setiap program sebagai pedoman penyusunan rencana kerja anggaran di tahun 2020.

Kedua, penyusunan prioritas dan sasaran pembangunan daerah tahun anggaran 2020, menurut urusan atau bidang, urusan pemerintahan daerah, indikator dan target kinerja, serta pelabuhan indikatif untuk setiap program dan kegiatan.

Ketiga, mewujudkan keterpaduan dan sinergitas antara program nasional, provinsi, dan daerah dalam upaya peningkatan pelayanan umum dan kesejahteraan masyarakat.

Berita Terbaru