Beruang Madu Rusak dan Makan Buah di Kebun Warga Jalan Samekto

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 01 Agustus 2019 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Warga Jalan Samekto, Kelurahan Baamang Hulu, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), diresahkan dengan kemunculan beruang madu.

Pasalnya, hewan itu merusak dan memakan buah di kebun mereka. 

Kebun buah yang dirusak beruang tersebut di antaranya nangka, sirsak, buah naga, jeruk, belimbing, dan pepaya. 

"Beruang tersebut menyerang kebun warga dan memakan buah-buahan di kebun warga," ujar Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit Muriansyah , Kamis, 1 Agustus 2019. 

Petugas BKSDA saat ini sudah melakukan observasi di daerah tersebut. Hasilnya ditemukan sisa buah nangka yang dimakan beruang serta cakaran pada batang pohon.

Menyikapi hal itu, petugas memberikan arahan kepada warga agar selalu berhati-hati saat beraktivitas di kebun. 

"Positif di tempat tersebut ada beruang, dan jumlahnya diduga hanya seekor. Sehingga kami langsung memberikan arahan masyarakat," kata Muriansyah. 

Sementara itu, di Gang Al Hidayah, Jalan Walter Conrad, Kelurahan Baamang Hulu, Kecamatan Baamang, juga muncul beruang. Untuk menangkap beruang itu, petugas BKSDA sudah memasang perangkap sejak beberapa pekan lalu. Namun, hingga kini belum berhasil menangkap beruang tersebut. 

"Masih belum berhasil tertangkap. Sedangkan umpan yang dipasang habis dimakan tupai. Namun, perangkap itu terus kami pasang," sebut Muriansyah. 

Saat ini petugas BKSDA terus memantau perkembangan dua lokasi kemunculan beruang tersebut. Sambil memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak beraktivitas sendirian saat di kebun.

Berita Terbaru