Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas KPP Priortaskan Pembangunan Ketahanan Pangan Tingkat Desa

  • Oleh Ramadani
  • 02 Agustus 2019 - 13:48 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh -  Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP) Kabupaten Barito Utara memprioritaskan pembangunan ketahanan pangan di tingkat desa dan kabupaten.

Kabupaten dan desa merupakan titik tolak untuk masuknya program terobosan dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan di daerah dan nasional. 

“Melalui pengembangan lumbung pangan desa, berbagai program terobosan berbasis pemberdayaan ketahanan pangan masyarakat dilakukan secara terpadu dan berkelanjutan,” kata Plt Kepala Dinas KPP Barito Utara Sugeng da;a, pertemuan pengembangan lumbung pangan desa, Jumat. 2 Agutus 2019.

Menurut Sugeng, sasaran yang ingin dicapai dalam program peningkatan diversifikasi dan ketahanan pangan masyarakat (data tahun 2018) yaitu penurunan konsumsi beras 1,5 persen. Pencapaian skor PPH 91,5 persen dan penurunan jumlah penduduk rawan pangan 1 persen.

“Untuk mencapai target tersebut Badan Ketahanan Pangan Pusat dan daerah (kabupaten/kota) serta peran seluruh masyarakat untuk melaksanakan program peningkatan diversifikasi dan ketahanan pangan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi serta visi dan misi yang telah ditetapkan,” kata Sugeng.

Lebih lanjut, Sugeng menjelaskan dengan dukungan dana APBN, APBD provinsi, dan APBD kabupaten, maka untuk mengantisifasi terjadinya rawan pangan salah satunya melalui pemberian bantuan gabah/beras kepada setiap lumbung pangan desa dari tahun 2010 hingga 2018.

“Dan pada tahun ini lumbung pangan desa yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Barito Utara juga mendapat bantuan yang bersumber dari dana APBD provinsi dan APBN,” tutur Sugeng.(RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru