Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Natuna Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Antisipasi Terjadi Rawan Pangan, Dinas KPP Bangun Lumbung Pangan

  • Oleh Ramadani
  • 02 Agustus 2019 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Mengantisipasi terjadinya rawan pangan di Kabupaten Barito Utara, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) membangun beberapa lumbung pangan di sejumlah kecamatan.

Plt Kepala Dinas KPP Barito Utara  Sugeng, Jumat 2 Agustus 2019, mengatakan sejak 2010 hingga 2018,pihaknya menyerahkan bantuan gabah atau beras kepada semua lumbung pangan desa di beberapa kecamatan.

“Pada 2019 ini lumbung pangan desa mendapat bantuan gabah kering sebanyak 4.280 kg untuk 4 desa. Masing-masing menerima 1.205 kg yaitu Desa Jamud, Desa Mampuak I (lumbung pangan baru), Desa Batu Raya I (lumbung pangan baru), dan Keluahan Montallat II (lumbung pangan baru),” kata Sugeng.

Menurut dia, bantuan itu bersumber dari APBD provinsi dan APBN). Sejauh ini sudah ada 7 lumbungan pangan desa di Kabupaten Barito Utara. 

Lumbung pangan desa lama ada 4 yaitu Desa Tongka, Kecamatan Gunung Timang, Desa Beringan Raya Kecamatan Teweh Tengah, Desa Jamut Kecamatan Teweh Timur dan Dusun Transbangdep Desa Bintang Ninggi I, Kecamatan Teweh Selatan.

Sedangkan untuk lumbung pangan desa baru ada 3 (tiga) yaitu Desa Mampuak I Kecamatan Teweh Timur, Desa Batu Raya I Kecamatan Gunung Timang dan Kelurahan Montallat II Kecamatan Montallat.

“Untuk itu saya mengharapkan semua bantuan baik berupa bangunan lumbung maupun gabah/beras yang sudah diserahkan agar kepala desa dan ketua dan pengurus kelompok lumbung pangan dapat memanfaatkan dan dikelola dengan sebaik-baiknya sehingga manfaat dan dampaknya dapat diraskan maasyarakat secara menyeluruh,” kata  Ir Sugeng.

Pengembangan lumbung pangan desa ini merupakan program peningkatan ketahanan pangan tahun 2019. Bantuan untuk lumbung pangan desa ini gabah/beras ini bersumber dari dana APBD dan APBN serta diserahkan sejak tahun 2010 hingga 2019.(RAMADHANI/B-3)

Berita Terbaru