Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukoharjo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Bungai Jaya Basarang Terus Kembangkan Potensi Produk Unggulan dari Nanas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 02 Agustus 2019 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang terus kembangkan potensi desa yang dimilikinya, terutama pada produk unggulan yang berbahan dasar dari buah nanas. 

Kepala Desa  Bungai Jaya, Kadiman menuturkan, potensi yang dimiliki oleh desa yang memiliki 6 RT tersebut, salah satunya produksi olahan dari buah nanas yang sudah dipasarkan ke luar Kabupaten Kapuas.

Adapun produk olahan yang berbahan dasar buah nanas itu seperti pengolahan nanas madu menjadi sirup, selai, keripik, dan lainnya itu diminati masyarakat.

"Pemasaran biasanya dikirimkan ke Kota Kuala Kapuas, Banjarmasin, dan Palangka Raya, dan rata-rata mengirimkan produksi berbagai olahan dari buah nanas itu sebanyak kurang lebih 1,5 ton per hari," ucap Kadiman, Jumat, 2 Agustus 2019.

Lebih lanjut, dia mengatakan, berkat produksi olahan dari buah nanas itu menghantarkan desa yang memiliki luas wilayah sebesar 555 Ha itu menjadi salah satu peserta pameran di Malaysia Expo tahun lalu.

"Untuk potensi lainnya dari desa ini adalah produk peternakan yang terdiri dari ternak ayam ras dan ayam kampong yang dikirim ke Kuala Kapuas, Palangka Raya, Pulang Pisau dan Banjarmasin juga ada," katanya.

Selain itu, terdapat juga produksi sayur segar yang dipasarkan di Pasar Induk Kuala Kapuas dan Palangka Raya. Produk kerajinan (Home Industry) seperti tikar purun rata-rata 800 lembar per bulan yang dipasarkan di Banjarmasin dan Pulang Pisau.

"Jadi, potensi-potensi desa ini akan terus kami kembangkan untuk kesejahteraan warga," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru