Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Paser Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akibat Sampah, Bangunan Bank Mandiri Nyaris Terbakar

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 Agustus 2019 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Akibat tumpukan sampah, Kantor Bank Mandiri Jalan MT Haryono, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) nyaris terbakar, Jumat, 2 Agustus 2019.

Tumpukan sampah yang terbakar tersebut berada di sela-sela ruang generator set dan sebuah rumah toko. Beruntung saat itu, petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan segera bertindak, dan berhasil memadamkan api tersebut.

"Yang terbakar sampah, namun berada di samping gudang mesin genset kantor Bank Mandiri tersebut. Sehingga jika tidak cepat dipadamkan, akan memicu kebakaran nantinya," ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Rihel.

Sampah yang terbakar tersebut cukup besar. Bahkan membuat seluruh karyawan yang saat itu masih berada di dalam kantor cukup panik. Karena asap sudah mulai masuk ke dalam ruangan.

Sebagian karyawan juga berupaya menyiram sampah yang terbakar tersebut, karena takut semakin membesar. Hingga akhirnya petugas Damkar dengan cepat memadamkan api.

Munculnya api tersebut diduga kuat karena panasnya knalpot dari genset yang menyala. Sehingga memicu terbakarnya sampah kayu dan dedaunan yang sudah kering.

"Diduga api muncul karena panasnya dinding dan knalpot genset yang bersentuhan dengan sampah tersebut. Sehingga memicu munculnya api," kata Rihel.

Dengan adanya hal itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat di daerah ini agar selalu berhati-hati dengan tumpukan sampah di dekat kediaman mereka. Bahkan jangan sampai dibakar. Karena di musim kemarau seperti saat ini, api kecil bisa menjadi pemicu kebakaran. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 

Berita Terbaru